Kamis, 31 Januari 2013

load balancing, link aggregation, dual/triple modem?

awalnya sih iseng nyari cara bisa gak kita ngegabungin bandwith dari 2 modem,

search and search, ternyata ada banyak cara dengan berbagai nama, load balancing, link aggregation, stack modem, dll.

Akhirnya saya menemukan artikel di Kaskus [1], dia menggunakan software multiwan

Well, cara ini tidak berhasil di saya. Cari lagi cari lagi, ketemu lagi dengan menggunakan software nat32 [2], ini juga tidak berhasil.

Masalah yang saya temukan adalah, koneksi yang digunakan oleh software-software ini hanyak 1 dari dua koneksi yang saya gunakan, modem cdma rev.A semar dan cable modem.

lalu saya menemukan lagi load balancer dengan pfSense [3], terlalu banyak yang harus dilakukan, bahkan harus mencari vmware dulu, well, skipped.

Terakhir, cara yang bisa dibilang berhasil, pertama saya dapat dari google, saya menemukan artikel [4] tentang Connectify.

Saya cari terus caranya, dapat di Kaskus [5]. Setelah mencoba versi 4.0 dan gagal, lagi. Saya cari versi 4.2, akhirnya bisa, berikut hasilnya 

koneksi semar digabung dengan koneksi cable modem





Saya tidak akan membahas caranya, karena cukup simpel dan cukup mengikuti tutorial di kaskus dan di file yang akan saya share.

oya, skrinsut yang saya berikan belum di peak-nya, koneksi semar masih bisa lebih tinggi lagi.

KELEBIHAN: menggabungkan bandwith koneksi lebih dari satu, sangat optimal untuk download yang menggunakan lebih dari satu koneksi(torrent, idman)
KELEMAHAN: kurang optimal untuk mempercepat browsing dan gaming (terutama ping-nya)

download link: confy 4.2
pass: dodolduren