Cerita berikut ini diambil tanpa perubahan dari buku "Cinta Bagai Anggur", karya Syaikh Muzaffer Ozak yang dikompilasi oleh Syaikh Ragip Frager. Sungguh, klimaks cerita ini terdapat di akhir.
Ibnu 'Arabi, yang di kalangan para akademisi sering digelari as-Syaikh al-Akbar, semasa perjalanannya di Tunisia pernah bertemu dengan seorang nelayan pengabdi Tuhan yang memilih untuk menjalani cara hidup yang sangat sederhana. Nelayan itu tinggal di sebuah gubuk yang terbuat dari lumpur kering. Setiap hari ia melaut dengan perahunya untuk menangkap ikan dan seluruh tangkapannya hari itu akan ia sedekahkan kepada orang-orang miskin. Ia sendiri hanya mengambil sepotong kepala ikan untuk direbus, sebagai makan malamnya yang sangat sederhana.
Nelayan itu kemudian belajar kepada Ibnu'arabi, dan selang berlalunya waktu ia sendiri pun ternyata menjadi seorang syaikh. Kemudian, pada suatu ketika, salah seorang murid dari nellayan itu harus mengadakan perjalanan ke Spanyol. Nelayan itu lalu meminta muridnya menemui Ibnu 'Arabi untuk memintakan nasihat bagi dirinya. Sang nelayan, yang merasa bahwa telah bertahun-tahun ini perkembangan jiwanya tidak lagi mengalami kemajuan, membutuhkan nasihat dari Ibnu'arabi.
Ketika si murid sampai di kota tempat tinggal Ibnu'Arabi, segera ia menanyakan tepat di mana ia bisa menemui beliau. Orang-orang di kota menunjuk ke puncak bukit, ke sebuah puri yang tampak seperti istana, dan mengatakan bahwa di sanalah tempat tinggal Ibnu 'Arabi. Dia sangat terkejut melihat betapa tampak sangat duniawinya kehidupan Ibnu'Arabi, apalagi jika dibandingkan dengan guru tercintanya sendiri, yang hanya seorang nelayan sederhana.
Dengan enggan ia melangkahkan kakinya ke arah puri itu. Sepanjang perjalanan ia melalui ladang-ladang yang terawat baik, jalan-jalan yang indah, dan kumpulan-kumpulan domba, kambing dan sapi, setiap kali ia bertanya, i selalu memperoleh jawaban bahwa pemilik semua ladang, lahan dan ternak itu adalah Ibnu'Arabi. Ia bertanya-tanya sendiri, bagaimana mungkin seorang yang sangat materialis seperti itu bisa menjadi sufi terkemuka.
Sesampainya di puri, apa yang paling ditakutinya terbukti. Di sana terlihat kekayaan dan kemewahan yang belum pernah ia bayangkan, bahkan dalam mimpi-mimpinya. Dindingnya terbuat dari marmer dengan ornamen yang diukir dan disusun. Lantainya ditutupi karpet-karpet yang tak ternilai. Para pelayannya mengenakan pakaian dari sutra, yang bahkan lebih indah dari pakaian orang-orang paling kaya di kampungnya. Ketika menanyakan Ibnu 'Arabi, dikatakan kepadanya bahwa mereka sedang mengunjungi khalifah [1] dan akan segera kembali. Setelah menunggu sebentar, tak lama kemudian terlihatlah olehnya sebuah arak-arakan yang mendatangi puri tersebut. Awalnya tampak pasukan kehormatan dari tentara khalifah, lengkap dengan perisai dan senjata yang berkilauan, duduk di punggung kuda-kuda arab yang indah. Kemudian terlihatlah Ibn 'Arabi, dalam jubah sutra yang lura biasa, mengenakan sorban layaknya seorang sultan.
Ketika si Darwis muda telah diantar menghadap kepada Ibnu 'Arabi, para pelayan lelaki yang tampan dan gadis-gadis pelayan yang cantik segera membawakan mereka kopi dan kue-kue. Si darwis muda pun menyampaikan pesan gurunya. Ia begitu terkejut dan geram ketika Ibnu 'Arabi mengatakan padanya, "Sampaikan kepada gurumu, masalah dirinya adalah bahwa ia masih terikat kepada keduniawian."
Sekembalinya ia ke kampungnya, gurunya ingin sekali mendengar hasil perjalanannnya, apakah ia telah bertemu dengan al-Syaikh al-Akbar. Dengan enggan ia menjawab bahwa ia memang telah berhasil menemuinya. "Nah, bagaimana, apakah beliau menitipkan nasihat untukku?"
Sang darwis mencoba untuk menghindar dari keharusan mengulangi terguran Ibnnu 'Arabi kepada gurunya. Nasihat itu dirasakannya sungguh tidak pantas, mengingat betapa berlimpahnya kemewahan Ibnu 'Arabi dan begitu asketiknya kehidupan gurunya. Di samping itu, ia mulai khawatir akan membuat gurunya tersinggung dengan mengucapkan kembali nasihat semacam itu.
Sang nelayan terus memaksanya bercerita, hingga akhirnya si darwis muda menyampaikan juga apa yang dikatakan Ibnu 'Arabi kepadanya. Meledaklah tangis sang nelayan mendengar terguran Ibnu 'Arabi kepadanya. muridnya, darwis muda itu, terheran-heran dan bertanya, bagaimana mungkin Ibnu 'Arabi, yang hidup dalam kemewahan seperti itu, berani menasihati gurunya gurunya bahwa ia masih terikat kepada keduniawian. "Ia benar!" kata si nelayan, di sela-sela tangisnya. "Ia sungguh tidak peduli sama sekali dengan semua yang ada padanya. Sementara aku, ketika setiap malam menyantap kepala ikan, aku masih saja berharap seandainya saja kepala ikan itu adalah seekor ikan yang utuh."
Maaf bila saya melanggar hak cipta, tetapi saya merasa cerita-cerita dari buku ini seharusnya disampaikan ke orang banyak. Inti cerita ini dalam pemikiran saya yang masih nyeleneh, zuhudlah terlebih dahulu, lalu dunia akan datang dengan mudah bahkan dengan sendirinya diberikan Allah SWT. Tetapi bisa juga diartikan, setelah cukup dunia, barulah zuhud bisa diperoleh. Entah mana yang benar, mungkin tergantung manusia yang menjalaninya.
[1] Ada sebuah masa yang lalu, ketika seorang sufi mengunjungi orang kaya maupun raja merupakan hal yang sangat tabu dan menunjukkan pengharapannya pada materi